Melirik Keindahan dan Sejarah Kebun Raya Purwodadi



Pasuruan, kskindonesia.net - Kebun Raya Purwodadi Pasuruan merupakan salah satu tempat rekreasi edukatif yang berada di Pasuruan Jawa Timur.

Lokasinyapun sangat strategis, yakni di tepi jalan raya antara kota Surabaya dan Malang. Tepatnya, Jalan Raya Surabaya Malang KM.65, Capang, Purwodadi, Sembung Lor, Parerejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Luas Kebun Raya Purwodadi diprediksi sekitar 85 hektar dan memiliki tanaman berjumlah 11.500 specimen yang terbagi dalam 1.864 jenis dari 169 suku.

Selain itu, dengan banyaknya tanaman yang ada di Kebun Raya Purwodadi bisa membuat lokasi ini sangat teduh, asri, hijau dan berlimpah dengan oksigen.

Beberapa meter di luar lokasi, terdapat sebuah pohon yang sangat rindang dengan jenis pohon sengon buto (raksasa), terdapat pula Taman Meksiko dengan batu cadas dan beberapa kaktus berduri.

Untuk menikmati keindahan wisata KBR tersebut, dapat melewati jalan setapak, bisa menggunakan sepeda sewaan, atau menggunakan mobil pribadi.

Selain dipenuhi pepohonan, disebelah timur Kebun Raya Purwodadi juga terdapat tempat wisata lain yang juga menarik. Yaitu, Coban Baung sebagai tempat rafting baung pasuruan.

Sementara, Kebun Raya Purwodadi yang juga dikenal dengan nama Hortus Ilkim Kering Purwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. L.G.M. Baas Becking.

Bagi anda yang ingin menuju Kebun Raya Purwodadi, dapat memanfaatkan angkutan antar kota Malang-Pasuruan atau Malang-Pandaan selama 24 jam. Selain itu, juga dilewati oleh jalur bus Surabaya-Malang.

Sedang harga tiket masuk Kebun Raya Purwodadi
Turis Domestik Rp 9.500
Turis Asing Rp 15.500
Parkir Motor Rp 3.000
Parkir Mobil Rp 5.500
Parkir Bus Rp 10.500
Mobil Keliling Rp 15.500
Sepeda Keliling Rp 8.500

Keindahan alam itu telah memikat tim Komunitas Sosial dan Kemanusiaan (KSK) sehingga seringkali masuk mengelilingi Kebun Raya Purwodadi untuk ajang berlibur. Sehingga, tidak rugi para wisatawan yang memilih lokasi tersebut untuk bersantai bersama keluarga maupun kekasih. (Ad)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.