Tahukah Anda Asal Usul Istilah Sopir? Ini Ceritanya

Pemuda berinisial DAY yang sudah 14 tahun ahli dibidangnya

Anda pasti tidak asing dengan istilah sopir kan? Yang identik dengan sebuah kemudi mobil. Ada banyak hal sepele di bidang otomotif yang terkadang membuat kita tidak kepikiran, salah satunya adalah asal muasal kata sopir atau driver/chauffeur.

Untuk penulisan perlu diketahui loh ya guys, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang benar itu adalah Sopir bukan Supir.
Nah sudah tau kan untuk perbedaan penulisan? Yuk simak lagi kelanjutannya tentang sopir.

Akan tetapi pandangan masyarakat orang yang mengemudikan kendaraan roda 4 (KR4) ujung-ujungnya selalu dipanggil sopir, benar tidak guys.

Yuk simak apa itu arti sopir, jika kita lihat sejarahnya, sopir adalah kata serapan dari Bahasa Perancis yang juga jadi kata baku dalam Bahasa Inggris lho!
Yang istilah aslinya ada chauffeur yang akhirnya disempurnakan menjadi sopir.

Di Indonesia, semua yang mengendarai KR4 selalu dipanggil sopir. Namun resminya dalam bahasa Inggris ada dua istilah yang merujuk kepada orang yang mengemudikan mobil, driver dan chauffeur.

Kalau driver itu sekedar orang yang mengemudikan mobil, sedangkan chauffeur itu orang yang dibayar karena mengemudikan mobil mewah seperti sedan atau limosin.

Bahkan sekarang istilah driver jadi meluas untuk ojek online meski pakai motor.
Jadi istilah chauffeur dalam Bahasa Inggris jelas lebih gimana gitu yahhhhh.
Karena tidak semua orang bisa dengan mudah menjadi seorang chauffeur.

Selain harus bisa mengemudi dengan baik, chauffeur biasanya diberikan kursus tambahan seperti defensive driving dan ilmu menjadi mekanik.
Jadi setidaknya saat mobil yang dibawa bermasalah, bisa betulin sendiri di jalan.
Tidak hanya itu para sopir harus hafal semua lokasi-lokasi mulai dari hotel, rumah ibadah, kantor polisi, tempat wisata, gedung pemerintahan, bahkan rumah makan dan salon, semuanya! Heee

Magfirli illal Jannah (Firli) sang putri tercinta


Pemuda berinisial DAY yang beralamat di jalan KH. Hasyim V RT 04 RW 03 Kedung Kandang Malang, adalah salah satunya driver handal bagi KSK, karena sudah 14 tahun dirinya berada dijalanan dengan berbagai pengalaman dibidangnya, bahkan durasi jarak perjalanan dalam dan luar kota mampu ia prediksi.

So, jangan dianggap mudah ya pekerjaan ini, karena penuh tantangan juga konsentrasi.










Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.